Goda-Gado dan Unag-Uneg

6 Mei, 2010

Pelajar Indonesia, Anak Indonesia

Filed under: Uncategorized — palguno @ 10:14 AM

Setiap tanggal 2 Mei negara ini memperingari Hari Pendidikan Nasional. Tanggal ini dipilih guna memperingati Ki Hajar Dewantara yang dianggap sebagai Bapak Pendidikan karena pada tanggal inilah beliau lahir. Karya beliau yang besar adalah Perguruan Taman Siswa yang pada saat itu memiliki tanggung jawab besar mendidik para putra bangsa. Pendidikan pada masa itu tentunya tidak mudah mengingat saat itu Indonesia masih dalam masa penjajahan.

Saat ini ketika Indonesia telah mengenyam kemerdekaan, pendidikan untuk para putra bangsa terus berjalan dengan segala fasilitas yang semakin baik. Namun bagaimana sebenarnya kenyataan kondisi dunia pendidikan di Indonesia saat ini. Jawabannya adalah pendidikan semakin baik, para pelajarnya juga makin pintar. Fasilitas pendidikan yang semakin lengkap, ruang belajar yang nyaman, dan guru-guru yang makin berkualitas menjamin lulusan yang semakin bermutu. Mereka siap masuk ke dunia kerja dengan keahlian yang dipelajari di bangku sekolah.

Keindahan dunia pendidikan seperti diuraikan di atas sayangnya tidak merata di seluruh bumi nusantara ini. Kenyataan yang pahit menyangkut dunia pendidikan masih banyak bermunculan. Gedung sekolah yang rusak, sekolah kekurangan guru, guru yang rendah gajinya, fasilitas belajar mengajar yang sangat minim, serta rendahnya dana pemerintah untuk pendidikan. Itu semua masih sering kita dengar, entah di televisi, di surat kabar, maupun kenyataan yang kita temui langsung di sekitar kita.

Para pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa mengemban tugas yang sangat berat di masa mendatang. Bekal pendidikan yang mereka peroleh di bangku sekolah akan diuji ketika mereka benar-benar masuk dunia nyata. Bagaimana generasi muda bisa tumbuh sebagai generasi penerus yang berkualitas jika mutu pendidikan kita masih rendah? Memang telah banyak pelajar kita yang berprestasi di tingkat internasional, namun lebih banyak lagi anak-anak Indonesia yang jangankan bisa berprestasi, untuk mengenyam bangku sekolah saja masih belum bisa. Lebih menyedihkan lagi, banyak para pelajar yang sudah mendapatkan kesempatan bersekolah, namun sekolah tempatnya belajar berada dalam kondisi menyedihkan.

Para pejabat negeri ini memang rajin memberikan kritik tentang rendahnya anggaran pendidikan. Namun mereka sendiri tidak sadar bahwa fasilitas yang mereka terima sangat mewah, sangat jauh perbedaannya dengan fasilitas pendidikan yang diterima oleh sebagian besar pelajar Indonesia di pelosok tanah air. Tak perlu berkomentar, tak perlu berdebat, dan tak perlu pula saling tuding dan saling menyalahkan siapa yang harus bertanggung jawab terhadap mutu pendidikan Indonesia. Adalah tanggung jawab kita bersama demi kemajuan mutu pendidikan Indonesia. Bagaimanapun para pelajar Indonesia adalah anak Indonesia juga. Anak Indonesia yang menjadi tumpuan bangsa ini di masa depan.

Biaya sekolah yang murah, kalau perlu gratis, buku pelajaran yang banyak tersedia dan mudah didapat serta sekolah-sekolah yang berkualitas adalah harapan semua keluarga Indonesia. Marilah kita bekerja keras, tanpa perlu saling menyalahkan demi kemajuan pendidikan para pelajar Indonesia, karena para pelajar Indonesia adalah anak Indonesia yang akan berperan di masa depan.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: