Goda-Gado dan Unag-Uneg

12 Mei, 2010

Lulus

Filed under: Uncategorized — palguno @ 10:55 AM

Minggu lalu pengumuman kelulusan siswa SMP dan yang sederajat telah diumumkan. Minggu sebelumnya siswa SMA dan yang sederajat telah lebih dahulu diumumkan. Ungkapan rasa gembira bagi siswa yang lulus bercampur dengan perasaan sedih dari siswa yang belum lulus. Standar kelulusan yang ditetapkan berdasarkan Ujian Nasional ini memang masih menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Namun itulah kewajiban yang harus diikuti oleh para siswa di negeri ini ketika memasuki tahun terakhir di bangku SMP dan SMA.

Proses belajar mengajar selama tiga tahun ditentukan oleh proses ujian yang hanya berlangsung selama empat hari. Bagi yang tekun mengikuti pelajaran selama tiga tahun tentu bukan hal yang sulit untuk lulus ujian nasional. Kesungguhan dalam belajar bisa memperbesar peluang siswa dalam meraih nilai yang baik. Memang sayangnya masih banyak siswa yang belum lulus. Bisa karena memang fasilitas belajar mengajar di sekolah yang kurang, guru yang terbatas, atau bahkan semangat dari pelajar itu sendiri yang rendah dalam mengikuti pelajaran.

Beberapa siswa yang meraih nilai tinggi dalam ujian nasional ternyata tidak selalu berasal dari sekolah unggulan di kota-kota besar. Banyak dari mereka justru berasal dari sekolah negeri di kota kecil yang tentunya tidak berlimpah dengan fasilitas. Intinya semangat dari siswa itu sendiri yang membuat mereka bisa lulus dengan hasil yang baik. Tidak ada alasan untuk tidak lulus hanya gara-gara fasilitas kurang.

Soal-soal dalam ujian nasional dibuat dengan standar yang sama bagi seluruh siswa di Indonesia. Mereka yang tinggal di Jakarta sampai pelosok Papua mengerjakan soal dengan standar yang sama. Konon katanya standar kelulusan yang sama untuk seluruh siswa dimaksudkan agar kualitas lulusan sekolah makin baik. Bagi yang belum lulus masih diberi kesempatan untuk mengulang kembali ujian nasional.

Kalau siswa harus mengikuti ujian nasional untuk bisa lulus, lalu bagaimana dengan para pejabat negeri ini agar juga bisa dikatakan lulus. Para pejabat negeri ini mengemban tugas sebagai pemimpin atau wakil rakyat, digaji dengan uang rakyat. Bagaimana mereka menjalankan amanat mereka, apakah sesuai janji atau benar-benar untuk kepentingan rakyat, itulah ujian mereka. Bagi siswa yang ingin lulus harus mengerjakan soal-soal dalam ujian nasional, sedangkan pejabat jika ingin lulus sebagai pemimpin tentu harus diuji juga.

Ujian bagi para pejabat adalah merealisasikan janji-janji mereka sendiri yang katanya bekerja demi kepentingan rakyat. Pejabat yang duduk di pemerintahan tentunya merealisasikan janji yang diucapkan dalam sumpah jabatannya. Pejabat yang duduk sebagai anggota DPR, DPD, dan MPR tentunya harus bisa merealisasikan janji yang diucapkan di hadapan masyarakat pemilihnya ketika kampanye.

Seharusnya tidak berat bagi pejabat yang ingin lulus dalam jabatannya, karena soal ujian mereka buat sendiri dalam bentuk janji-janji yang diucapkan sebelum mereka menerima posisinya sekarang. Namun sayangnya banyak orang ketika sudah duduk nyaman di kursi jabatan, lupa dengan janjinya. Jangankan bekerja untuk rakyat, ingat pada janjinya saja mungkin tidak. Yang ada malahan semuanya bekerja demi dirinya sendiri.

Tidak sedikit pejabat yang terbukti melakukan korupsi selama masa jabatannya. Dan yang lebih mengerikan lagi banyak dari para koruptor itu yang justru lolos dari jeratan hukum karena ternyata mereka mampu “membeli” hukum. Kalau sudah begini, bukannya para pejabat itu lulus mengemban amanat, namun lolos dari jeratan hukum. Dari lulus menjadi lolos, maka terbanglah para koruptor itu ke negeri antah berantah.

Jadi kesimpulannya, bila para siswa harus ikut ujian nasional jika ingin lulus, maka para pejabat juga harus diuji untuk lulus dari tugasnya. Amanat yang diemban para pemimpin negeri ini adalah memajukan kesejahteraan masyarakat, maka laksanakan amanat itu dengan sebaik-baiknya, agar lulus.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: