Goda-Gado dan Unag-Uneg

24 Mei, 2010

Bangkit Untuk Maju

Filed under: Uncategorized — palguno @ 9:06 AM

Berdasarkan rasa cinta, bangsa Indonesia ini bisa berdiri seperti sekarang ini. Cinta tanah air, cinta kemerdekaan, cinta kebebasan, dan cinta pada rakyatnya, itulah yang membuat Bapak Bangsa mengantarkan Indonesia merdeka. Merdeka dari penjajahan yang berarti merdeka untuk menentukan sendiri nasib bangsa ini.

Pada awalnya, perjuangan para pahlawan dilakukan melalui perjuangan fisik. Perang antara rakyat dan pemerintah kolonial Belanda berlangsung di beberapa tempat. Namun memasuki abad ke-20, bentuk perjuangan berubah menjadi perjuangan melalui gerakan nasionalisme. Gerakan nasionalisme yang ditandai berdirinya berbagai organisasi pergerakan yang berbasis masa. Salah satu organisasi tersebut, yaitu Budi Utomo yang berdiri pada 20 Mei 1908, tanggal kelahirannya ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Dasar perjuangan organisasi nasional pada saat itu adalah mencapai perjuangan melalui jalan diplomasi atau perjuangan non fisik.

Salah satu bentuk perjuangan organisasi kebangsaan pada masa dulu adalah mendidik bangsa Indonesia agar menjadi lebih pintar. Pendidikan akan membuat orang bisa berpikir maju, dan sadar akan arti kemerdekaan dan kebebasan. Makna kebangkitan yang berari perubahan ke arah yang lebih baik diharapkan akan tetap berlanjut sampai sekarang. Lalu bagaimana para pemimpin bangsa ini sekarang, yang memimpin sebuah negara merdeka hasil perjuangan para Bapak Bangsa?

Saat ini memang pembangunan telah dilaksanakan di hampir seluruh negeri, meski ada beberapa tempat yang masih tertinggal. Kemajuan teknologi dirasakan oleh bangsa ini. Namun itu semua masih dinodai dengan berbagai aib yang terjadi di negeri ini, mulai dari korupsi, pertikaian antar warga, perebutan jabatan dengan cara-cara yang tidak etis, serta masih banyak lagi.

Ibarat orang duduk, bangkit berarti berubah dari duduk menjadi berdiri. Ketika masih duduk kita sulit bergerak, setelah berdiri kita bebas bergeak, mau jalan, mau lari, mau lompat, terserah kita. Berjalan akan menghasilkan perubahan posisi, demikian juga berlari menghasilkan perubahan posisi yang tentunya lebih cepat dibandingkan dengan berjalan. Perubahan yang terjadi selayaknya adalah perubahan ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.

Apakah bangsa ini telah bangkit untuk maju ke arah yang lebih baik? Bisa ya, bisa tidak. Bila kita melihat pembangunan yang dilakukan, berarti perubahan itu menjadi baik. Namun bila mendengar kasus korupsi, penyalahgunaan jabatan, manipulasi kasus hukum, perusakan lingkungan dan lain-lain, berarti ada perubahan ke arah yang salah. Artinya bangkit bukan maju, melainkan mundur, mundur menjadi lebih buruk.

Kalau pada awal perjuangannya, organisasi kebangsaan ingin menjadikan bangsa ini lebih pintar melalui pendidikan, namun sekarang justru pendidikan bagi sebagian orang disalahgunakan. Bagi orang yang mengerti hukum, justru malah melanggar hukum, yang memiliki pendidikan tinggi dan diberi jabatan, malah membohongi rakyat. Bahkan kepandaian para pejabat tidak jarang dipakai untuk menghasilkan peraturan yang hanya menguntungkan sebagian orang, dan lebih banyak merugikan rakyat. Itu namanya bukan bangkit untuk maju ke arah lebih baik, namun bangkit untuk mundur menjadi lebih buruk.

Di tengah-tengah hiruk pikuk pertengkaran para pejabat negeri ini, rakyat menunggu untuk bisa bangkit dari kemiskinan dan kebodohan. Oleh karena itu, bangsa ini memerlukan Kebangkitan Nasional kembali, bangkit bukan melawan negara penjajah, namun bangkit melawan penjajah yang lebih kejam, yaitu keterbelakangan dari sektor ekonomi, sosial, dan politik. Mudah-mudahan bangsa ini tetap memiliki semangat untuk bersatu, agar mampu bangkit kembali dari ketertinggalan.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: