Goda-Gado dan Unag-Uneg

18 November, 2010

Relawan

Filed under: Uncategorized — palguno @ 2:24 PM

Dilihat dari namanya, “RELAWAN”, bisa diartikan sebagai orang yang rela. Dalam kaitannya dengan banyaknya bencana di negara ini, relawan merupakan sekumpulan orang yang rela membantu sesamanya yang sedang ditimpa musibah.

Negeri ini memang sedang banyak dilanda bencana, banjir bandang Wasior, gempa dan tsunami Mentawai, dan erupsi gunung Merapi merupakan sederetan bencana alam yang terjadi secara beruntun. Tidak lepas juga bencana banjir di beberapa tempat termasuk di ibukota negara Jakarta.

Banyak bencana alam maka banyak pula pengungsi. Mereka dengan sangat terpaksa harus meninggalkan kampung halamannya untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Di tempat pengungsian mereka hidup dalam kondisi serba terbatas. Di sinilah peran para relawan menjadi sangat penting, mulai dari proses evakuasi sampai pelayanan para pengungsi di barak penampungan.

Para relawan, baik sipil maupun dari TNI atau Polri, bahu membahu membantu para pengungsi. Anggota TNI yang biasa memanggul senjata kini berubah menjadi memanggul barang-barang warga pengungsi. TNI yang biasanya berpatroli mencari musuh kini berpatroli mencari warga yang masih tertinggal di daerah bencana. Komandan tentara yang biasanya berteriak kepada anak buahnya untuk menyerang musuh kini berganti berteriak ke anak buahnya untuk segera mengevakuasi warga.

Solidaritas antar sesama relawan didorong pada semangat untuk menolong sesamanya. Tanpa membawa embel-embel kelompok tertentu, parpol tertentu, etnis tertentu, para relawan benar-benar rela menolong warga yang sedang ditimpa musibah. Bahkan banyak relawan yang juga rela membayar biaya operasionalnya sendiri tanpa suplai dana dari pihak pemerintah atau organisasi lain.

Nasi bungkus juga menjadi suatu hal yang sangat bermanfaat bagi para pengungsi. Warga Yogyakarta dengan serta merta memberikan bantuan nasi bungkus. Mereka menjadi kelompok sukarelawan yang mengumpulkan nasi bungkus sumbangan warga dan dibagikan kepada para pengungsi di barak-barak pengungsian.

Sikap saling tolong menolong diantara para relawan inilah yang membuat sedikit banyak penderitaan para pengungsi berkurang. Tindakan para relawan ini menjadikan mereka bukan hanya sebagai sesuatu namun membuat mereka sebagai kelompok yang mampu berbuat sesuatu. Berbuat untuk menolong sesamanya yang sedang menderita. Semoga para pengungsi dan para relawan selalu diberi kesabaran.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: