Goda-Gado dan Unag-Uneg

27 April, 2011

Ngurus Olah Raga, Tapi Tidak Sehat

Filed under: Uncategorized — palguno @ 12:34 PM

Konon katanya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Tubuh sehat, jiwa sehat, pikiran sehat, akibatnya segala tindakan yang dilakukanpun berdampak baik. Itu idealnya, jadi bila seorang manusia bisa sehat jiwa dan raga akan menghasilkan perilaku yang sehat pula. Individu sehat membuat masyarakat sehat, masyarakat sehat membuat negara sehat, negara sehat akan membuat negara kuat.

Olah raga bisa membuat badan sehat. Pengen sehat, maka berolahragalah, itu nasehat umum yang sering kita dengar. Jadi, siapapun yang berolah raga akan selalu terjaga kesehatan badannya, termasuk orang yang ngurusin olah, seharusnya lebih sehat lagi.

Badan sehat karena olah raga, badan sehat membuat jiwa sehat, ngurus olah raga juga membuat lebih sehat. Namun yang terjadi lain, maksudnya yang terjadi di negeri ini. Pekan ini kita dikejutkan dengan dugaan korupsi pembangunan wisma atlet Sea Games yang akan berlangsung di Palembang. Kasus ini melibatkan sekretaris Kementerian Pemuda dan Olah Raga.

Kementerian Pemuda dan Olah Raga yang salah satu tugasnya mengurusi olah raga di negeri ini harusnya berisi orang-orang sehat, terutama sehat jiwanya. Tapi yang terjadi malahan lain, kasus korupsi untuk sarana pendukung suatu kegiatan olah raga. Nah, ternyata olah raga di negeri ini diurus oleh oknum-oknum yang berjiwa tidak sehat.

Belum lama kita masih dijejali dengan pemberitaan kisruh di PSSI, sebuah organisasi yang mengurus sepak bola di negeri ini. Sekali lagi, olah raga dikelola oleh orang-orang yang tidak berjiwa sehat. PSSI jadi ajang perebutan kekuasaan, bukan menjadi organisasi yang menaungi kegiatan olah raga yang paling merakyat di negeri ini.

Sebetulnya apa yang terjadi di negeri ini? Apakah memang sudah tidak ada yang berjiwa sehat? Jawabannya masih banyak orang berjiwa sehat di negeri ini. Sayangnya justru orang-orang yang tidak berjiwa sehatlah yang muncul di depan mengelola negeri ini. Akibatnya sulit negeri ini untuk cepat menjadi negara maju. Ibarat orang sakit, sulit untuk bangun agar menjadi lebih baik.

Tawuran suporter sepak bola, perkelahian antar pemain sepak bola, prestasi olah raga yang tidak memuaskan, korupsi di kalangan pengurus organisasi olah raga, perebutan kekuasaan, itulah yang mewarnai dunia olah raga kita. Sekali lagi karena olah raga diurus oleh orang-orang tidak berjiwa sehat. Atau karena mereka memang tidak berjiwa sehat makanya jadi pengurus olah raga, harapannya agar sehat. Masalahnya bukan badan yang tidak sehat, tapi pikirannya memang sakit. Kalau yang sakit pikiran, olah raga sebaik apapun sulit untuk bisa menyembuhkannya.

Badan sakit bisa disembuhkan dengan olah raga. Pikiran sakit tidak sembuh dengan olah raga, apalagi jika melihat uang, pikiran yang sakit bisa tambah sakit. Akibatnya korupsi berkembang.

Jadi bila negara ini ingin maju, maka pejabat dan rakyatnya harus sehat, baik sehat raga maupun jiwa. Mulailah dari pemimpin tertinggi di negeri, berpikiran sehatlah. Sembuhkan para pejabat yang berpikiran tidak sehat, yang tidak bekerja untuk rakyatnya. Kalau tidak sembuh, ganti dengan yang sehat.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: